skip to main | skip to sidebar

SheLLa's EntRy....

Hi,, Guys... I hope my blog can give u some information to u :)

  • Entries (RSS)
  • Comments (RSS)
  • Home
  • About Us
  • Archives
  • Contact Us
Get Gifs at CodemySpace.com

Kim Sang Bum

Kim Sang Bum

Senin, 05 Desember 2011

PBO

Posted by Marshella Widiana at 06.29 Label: Java Moklet
Bagi pemula dalam hal pemrograman , terutama mengenai bahasa satu ini yaitu JAVA.. tidak diragukan lagi kegunaannya ,, bahkan di luar negeri JAVA sudah digunakan oleh anak-anak untuk melatih logika mereka.. Hebat bener !!! Kapan ya INDONESIA bisa kaya gitu????

Dalam postingan saya kali ini,, saya akan membuat suatu program  JAVA dimana proses pengerjaannya pada aplikasi ECLIPSE,, yang akan memperkenalkan seluk beluk atau bagian-bagian dari PBO.
Dimana PBO adalah  (PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK) ,,  yang terdiri dari 5 unsur yaitu :
1. Turunan/Pewarisan/Inheritance
2. Perubahan bentuk/Polymorphisme
3. Pembungkusan / Tingkat - Akses / Encapsulation
    yang terdiri dari 2 macam  :
  • OverLoading/ OverLoad
  • OverRiding/ OverRide
4. Modifier 
    Begitu pula dengan modifier yang terdiri dari 2 macam ,, yaitu :
  • Static
  • Final
5. Abstract & Interface

Nah,, sekarang ayo kita mulai membuat programnya,, agar kita dapat lebih memahami konsep dari PBO...
Pertama-tama
  • Buka aplikasi ECLIPSE
  • Buat java File - New - Other - GUI Forms - Swing - JFRAME 
  • Beri nama class - nya ,, lalu klik Finish
Setelah itu,, buat tampilannya seperti berikut yang terdiri dari 1 JTabbedPane dan 5 JPanel
1. Turunan




Buat Class dari masing-masing button pada JPanel1 Turunan/Pewarisan

  • Class Manusia 
public class Manusia {
String nama, stmMakan, stmKerja, stmTugas, stmTidur;
Manusia(String n){
this.nama = n;
}
String tampilkanNama(){
return nama;
}
String makan(){
return stmMakan="hem...enyak..enyak..enyak...!!!";
}
String kerja(){
return stmKerja="kerja..kerja..kerja...!!!";
}
String tidur(){
return stmTidur="ZZzzz...!!!";
}
}
  • Class Siswa 
public class Siswa extends Manusia{
    //konstruktor Siswa 
      Siswa(String n){ 
        //memanggil konstruktor Manusia 
          super(n); 
            } 
              //method bentukan baru... 
                String kerja(){ 
                  return stmKerja="belajar...belajar...!!!"; 
                    }
                      String tidur(){ 
                        return stmTidur="Ngiler...!!!"; 
                          }
                            }
                            • Class Guru
                            public class Guru extends Manusia {
                              Guru(String n){ 
                                super(n); 
                                  } 
                                    String kerja(){
                                        return stmKerja="mengajar...mengajar...!!!"; 
                                          }
                                            String tugas(String n){
                                              return stmTugas="ayo kerjakan...kerjakan...!!!"; 
                                                }
                                                  }
                                                                                        Method Button :
                                                                                                private void ManusiaActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        Manusia dahlan=new Manusia("Dahlan Iskan");
                                                                                        jTextArea1.setText("Nama = "+dahlan.tampilkanNama()+
                                                                                        "\n"+dahlan.makan()+"\n"+dahlan.kerja()+"\n\n"+dahlan.tidur());
                                                                                        }
                                                                                        private void SiswaActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        Siswa angga = new Siswa("Si Ali");
                                                                                        jTextArea1.setText("Nama = "+angga.tampilkanNama()+
                                                                                        "\n"+angga.makan()+"\n"+angga.kerja()+"\n\n"+angga.tidur());

                                                                                        }
                                                                                        private void GuruActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        Guru hadi=new Guru("M Hadi Wijaya");
                                                                                        jTextArea1.setText("Nama Guru = "+hadi.tampilkanNama()+
                                                                                        "\nSifat Turunan = "+hadi.makan()+"\nSifat Overrides = "+
                                                                                        hadi.kerja()+"\nSifat Asli = "+hadi.tugas(null));
                                                                                        }
                                                                                        private void ObjectArrayActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        Manusia[] profesi=new Manusia[3];
                                                                                        profesi[0] = new Siswa("Angga Darmawan"); 
                                                                                        profesi[1] = new Guru("Hadi Wijaya"); 
                                                                                        profesi[2] = new Manusia("Simonchelli");
                                                                                        String statement1="Nama Siswa = "+profesi[0].tampilkanNama()+
                                                                                        "\n"+"Nama Guru = "+profesi[1].tampilkanNama()+
                                                                                        "\nNama Manusia (pembalap) = "+profesi[2].tampilkanNama();
                                                                                        String statement2="\n\n\n\n\nPekerjaan siswa = "+profesi[0].kerja()+
                                                                                        "\nPekerjaan guru = "+profesi[1].kerja()+
                                                                                        "\nPekerjaan pembalap = "+profesi[2].kerja();
                                                                                        jTextArea1.setText(statement1+statement2);
                                                                                        }
                                                                                        2. Perubahan Bentuk


                                                                                        public class Mobil {
                                                                                        public String merek,st; 
                                                                                        Mobil(String m){ 
                                                                                        this.merek=m; 
                                                                                        st=this.merek+" adalah kendaraan beroda 4 "; 
                                                                                        } 
                                                                                        //procedure bergerak 
                                                                                        String bergerak(String arah){ 
                                                                                        String a="melaju ke arah "+arah; 
                                                                                        return a;
                                                                                        }
                                                                                        //overload procedure bergerak 
                                                                                        String bergerak(String arah,int jauh){ 
                                                                                        String a="melaju ke arah "+arah+" sejauh "+jauh+" km "; 
                                                                                        return a;
                                                                                        }
                                                                                        }
                                                                                         Class Bentuk3D
                                                                                        public class Bentuk3D {
                                                                                        double panjang,lebar,tinggi; 
                                                                                        //konstruktor pertama 
                                                                                        Bentuk3D(double pj){ 
                                                                                        this.panjang=pj; 
                                                                                        this.lebar=1; 
                                                                                        this.tinggi=1; 
                                                                                        } 
                                                                                        //konstruktor kedua 
                                                                                        Bentuk3D(double pj,double lb){ 
                                                                                        this.panjang=pj; 
                                                                                        this.lebar=lb; 
                                                                                        this.tinggi=1; 
                                                                                        } 
                                                                                        //konstruktor ketiga 
                                                                                        Bentuk3D(double pj,double lb,double tg){ 
                                                                                        this.panjang=pj; 
                                                                                        this.lebar=lb; 
                                                                                        this.tinggi=tg; 
                                                                                        }
                                                                                        }
                                                                                        Method Button :
                                                                                                private void Bentuk3D-1ActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        Bentuk3D bentuk=new Bentuk3D(3.5);
                                                                                        jTextArea3.setText("Panjang = "+bentuk.panjang+"\nLebar = "+ 
                                                                                        bentuk.lebar+"\nTinggi = "+bentuk.tinggi);
                                                                                        }
                                                                                        private void Bentuk3D-2ActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        Bentuk3D bentuk=new Bentuk3D(3.5,2.4);
                                                                                        jTextArea3.setText("Panjang = "+bentuk.panjang+"\nLebar = "+
                                                                                        bentuk.lebar+"\nTinggi = "+bentuk.tinggi);
                                                                                        }
                                                                                        private void Bentuk3D-3ActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        Bentuk3D bentuk=new Bentuk3D(3.5,2.4,4.7);
                                                                                        jTextArea3.setText("Panjang = "+bentuk.panjang+"\nLebar = "+
                                                                                        bentuk.lebar+"\nTinggi = "+bentuk.tinggi);
                                                                                        }
                                                                                        private void MobilActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        Mobil kijang=new Mobil("Kijang Innova"); 
                                                                                        jTextArea3.setText(kijang.st+"\n"+kijang.bergerak("depan")+"\n"+
                                                                                        kijang.bergerak("belakang",3));
                                                                                        }
                                                                                        3. Tingkat - Akses




                                                                                        Buat Class Resep
                                                                                        public class Resep {
                                                                                        //atribut private ini tidak bisa diisi langsung dari luar kelas.. 
                                                                                        private String jenis; //kebetulan digunakan Class ini sendiri
                                                                                        protected String namakue; //akan diakses oleh turunan
                                                                                        private String j2;//kebetulan digunakan Class ini sendiri
                                                                                        //konstruktor...langsung isi
                                                                                        Resep(String n){ 
                                                                                        this.namakue=n; 
                                                                                        } 
                                                                                        void isiJenis(String j){ 
                                                                                        this.jenis=j; 
                                                                                        j2=this.namakue+" itu "+this.jenis; 
                                                                                        } //function... method
                                                                                        String kadaluarsa(){ 
                                                                                        String tahan=""; 
                                                                                        if (jenis.equals("kue basah")){ 
                                                                                        tahan=j2+" -- > cepet kadaluarsa"; }
                                                                                        else{ tahan=j2+" --> lama kadaluarsanya....."; 
                                                                                        } 
                                                                                        //nilai yang dikembalikan.. 
                                                                                        return tahan; 
                                                                                        }
                                                                                        }
                                                                                        Class Basah
                                                                                        public class Basah extends Resep {
                                                                                        private String a;
                                                                                        //konstruktor
                                                                                        Basah(String n){ 
                                                                                        super(n); 
                                                                                        //methodnya...
                                                                                        isiJenis(kue(a)); 
                                                                                        }
                                                                                        //method untuk membedakan kue basah atau kering
                                                                                        String kue(String a){
                                                                                        if(this.namakue.equalsIgnoreCase("kue tart"))
                                                                                        a="kue basah";
                                                                                        else 
                                                                                        a="kue kering";
                                                                                        return a;
                                                                                        }
                                                                                        }
                                                                                        Method Button :
                                                                                                 private void KuetartActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        Basah tart=new Basah("Kue Tart"); 
                                                                                        jTextArea2.setText(tart.kadaluarsa());
                                                                                        }
                                                                                        private void KueMarieActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        Basah tart=new Basah("Kue Marie"); 
                                                                                        jTextArea2.setText(tart.kadaluarsa());
                                                                                        }
                                                                                        4. Modifier

                                                                                        Buat Class Sepeda
                                                                                        public class Sepeda {
                                                                                        //atribut static diinisialisasi... 
                                                                                        static int jmlRoda = 2;
                                                                                        static String melaju(){
                                                                                        String b="Sepeda melaju dengan "+jmlRoda+" roda";
                                                                                        return b;
                                                                                        }
                                                                                        static String melaju(String a){
                                                                                        String b="Sepeda melaju dengan "+jmlRoda+" roda";
                                                                                        return b;
                                                                                        }
                                                                                        }
                                                                                        Method Button :
                                                                                               private void Statis1ActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        //instansiasi pertama :) 
                                                                                        //Sepeda motor = new Sepeda(); 
                                                                                        Sepeda.jmlRoda =2;  
                                                                                        String stm1=("Jumlah Roda Motor = "+Sepeda.jmlRoda);
                                                                                        //instansiasi kedua :) 
                                                                                        //Sepeda becak = new Sepeda(); 
                                                                                        Sepeda.jmlRoda = 3;
                                                                                        String stm2=("Jumlah Roda Becak = "+Sepeda.jmlRoda); 
                                                                                        // apa yang terjadi ketika objek motor dipanggil lagi ... 
                                                                                        String stm3=("Jreng..jreng...,apa yang terjadi pada jumlah roda motor...");
                                                                                        String stm4=("Jumlah Roda Motor = "+Sepeda.jmlRoda);
                                                                                        jTextArea5.setText(stm1+"\n"+stm2+"\n"+stm3+"\n"+stm4+"\n"+
                                                                                        Sepeda.melaju(null));
                                                                                        }
                                                                                        private void Statis2ActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        //mengeset data langsung dr Class tanpa pembuatan objek
                                                                                        Sepeda.jmlRoda = 5; 
                                                                                        jTextArea5.setText("Jumlah roda sepeda = "+Sepeda.jmlRoda);
                                                                                        }

                                                                                        5. Abstract & Interface
                                                                                        Buat Class Makhluk Hidup
                                                                                        public abstract class MakhlukHidup {
                                                                                        protected String nafas,berdiri;
                                                                                        public String bernafas() { 
                                                                                        return nafas="RRrr..."; 
                                                                                        } 
                                                                                        /* method di bawah ini harus dioverride oleh subclassnya... 
                                                                                        * subclass-nya mengimplementasikan method ini :) */ 
                                                                                        protected abstract String jalan();

                                                                                        }
                                                                                        Class Animal
                                                                                        public class Animal extends MakhlukHidup {
                                                                                        public String jalan(){
                                                                                        return berdiri="berdiri tidak tegap..."; 
                                                                                        }

                                                                                        public String bernafas() { 
                                                                                        return nafas="Ssss..."; 
                                                                                        } 

                                                                                        }
                                                                                        Method Button :
                                                                                        private void AbstractActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        Manusia andri=new Manusia("Andri Bagus Nugroho");
                                                                                        Animal kucing=new Animal();
                                                                                        //MakhlukHidup a = null;
                                                                                        String stm1=(andri.tampilkanNama()+"\n"+andri.makan()+"\n"+andri.jalan());
                                                                                        String stm2=("\n\nSi Puss"+" "+kucing.jalan()+"\n"+"kalo bernafas bersuara "+kucing.bernafas());
                                                                                        jTextArea4.setText(stm1+stm2);
                                                                                        }
                                                                                        private void InterfaceActionPerformed(ActionEvent evt) {
                                                                                        PencariIlmu toni = new PencariIlmu();
                                                                                        jTextArea4.setText("toni adalah objek PencariIlmu\n\nkerjaannya :\n"+toni.lakukanSesuatu()+"\n"+ 
                                                                                        toni.lakukanExtraSesuatu()+"\n"+ 
                                                                                        toni.lakukanJob());
                                                                                        }


                                                                                        ~ Selamat mencoba :) ~
                                                                                        Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook

                                                                                        0 comments:

                                                                                        Posting Komentar

                                                                                        Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
                                                                                        Langganan: Posting Komentar (Atom)
                                                                                        • Twitter Follow me on Twitter!
                                                                                        • Rss Subscribe to my Rss feeds!
                                                                                        • Email updates Feed via e-mail

                                                                                        Sponsored

                                                                                        • banners
                                                                                        • banners
                                                                                        • banners
                                                                                        • banners

                                                                                        Translate

                                                                                        English French German Spain Italian Dutch

                                                                                        Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

                                                                                        My TiMeZzz...

                                                                                        About Me

                                                                                        Marshella Widiana
                                                                                        aKu itu maNis,, baik hati,, daN tidak somBong, suKA meNabung, suKA MeNoLong sesama,, I have big dream.. and i hope one day it can be true. I wanna be a sucess person and wanna make people around me aproud of me especially my parents and my family :D
                                                                                        Lihat profil lengkapku

                                                                                        BigBaNK

                                                                                        BigBaNK

                                                                                        Utada Hikaru ~ First Love

                                                                                        videokeman mp3
                                                                                        First Love (Japanese Version) – Utada Hikaru Song Lyrics

                                                                                        Pages

                                                                                        • Beranda

                                                                                        Labels

                                                                                        • Attitude Moklet (3)
                                                                                        • Java Moklet (8)
                                                                                        • Korea (1)
                                                                                        • Motivasi (1)
                                                                                        • Pribadi (1)

                                                                                        Followers

                                                                                        Blog RoLL

                                                                                        • Antommy's Blog
                                                                                          Tips Cara Belajar Yang Baik Benar Agar Pandai Dan Pintar
                                                                                          13 tahun yang lalu
                                                                                        • Apapun Boleh ƪ(ˇ▼ˇ)┐ ƪ(ˇ▼ˇ)ʃ ┌(ˇ▼ˇ)ʃ
                                                                                          Aston International Web Design Revamp
                                                                                          11 tahun yang lalu
                                                                                        • Atomic Genesses | Disinilah Java Moklet Bermula….
                                                                                          Silent Hill: Book of Memories – PS Vita
                                                                                          13 tahun yang lalu
                                                                                        • Bai Jie Chun
                                                                                          INSTALASI JDK
                                                                                          13 tahun yang lalu
                                                                                        • For You
                                                                                        • From Zero To Hero ..
                                                                                          Guest Book / Buku Tamu
                                                                                          12 tahun yang lalu
                                                                                        • Hita_@rema Sejati
                                                                                          Pengenalan JAVA
                                                                                          13 tahun yang lalu
                                                                                        • J.A.K.E.T (Java On Moklet)
                                                                                          Iki Carane Nggawe Enkripsi Nang Java
                                                                                          13 tahun yang lalu
                                                                                        • J.A.M.B.R.E.T ( JAva MBah moklET)
                                                                                          Organisasi - Organisasi Tertutup di Dunia
                                                                                          12 tahun yang lalu
                                                                                        • Java Student Archive's
                                                                                        • KprimaDina
                                                                                          GUI Java (AWT, SWT dan Swing)
                                                                                          13 tahun yang lalu
                                                                                        • life is too important to be taken seriously!
                                                                                          Security
                                                                                          10 tahun yang lalu
                                                                                        • MOKLET BEST INFORMATION
                                                                                          Inovasi, Tombak kemenangan bisnis anda.
                                                                                          11 tahun yang lalu
                                                                                        • My Blogger
                                                                                          Cara Instalasi Java
                                                                                          13 tahun yang lalu
                                                                                        • Onteer Eno WiLLy
                                                                                          Project PBO
                                                                                          13 tahun yang lalu
                                                                                        • rizthaamae
                                                                                          Happy Birthday My Beloved mom !! We love you :*
                                                                                          12 tahun yang lalu
                                                                                        • sahabat ruchiiy
                                                                                          SooYoung :DD
                                                                                          13 tahun yang lalu
                                                                                        Diberdayakan oleh Blogger.
                                                                                         

                                                                                        © 2010 My Web Blog
                                                                                        designed by DT Website Templates | Bloggerized by Agus Ramadhani | Zoomtemplate.com